Sambut HUT RI ke 77, Dinas Arsip dan Pustaka Bukittinggi Adakan Lomba Lansia Bercerita

Bukittinggi, Bukittinggi.Info – Dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77, Dinas Arsip dan Pustaka Kota Bukittinggi mengadakan acara Lomba Bercerita bagi Lansia dan Siswa/i SMP se Kota Bukittinggi (03/08/2022).

lomba lansia bercerita

Acara ini diangkat dengan tema “Perjuangan Mempertahankan dan Mengisi Kemerdekaan pada Zaman Millenial” berlangsung di Rumah Dinas Wali Kota Bukittinggi.

Wakil Wali Kota Bukittinggi Marfendi mengungkapkan lomba bercerita ini merupakan inovasi yang sangat kreatif dari dinas Arsip dan Pustaka kota Bukittinggi. Sepintas terlihat biasa saja, tetapi bagi saya pribadi kegiatan ini sangat besar manfaatnya.

“Bagi lansia yang bercerita tentu ini akan mengasah daya ingat mereka kembali, tentang masa lalu, apalagi tema ceritanya adalah hal-hal yang berkaitan dengan perjuangan, bukan hanya mengasah daya ingat dan mengurangi kepikunan mereka, tapi akan membangkitkan jiwa perjuangan mereka kembali” ungkap Wakil Wali Kota yang lebih dikenal dengan panggilan Buya Marfendi ini.

“Bagi para pendengar, tentu cerita-cerita yang disampaikan akan mempengaruhi karakter dan memberikan motivasi tersendiri. Karena metoda yang sangat efektif untuk memberikan motivasi adalah metoda sejarah, atau bercerita tentang masa lalu, bercerita tentang jatuh bangun dalam menjalani hidup, cerita-cerita itu akan memberikan motivasi yang kuat untuk para pendengar” sambung Buya.

lomba lansia bercerita

Sebagaimana kita ketahui bersama, kota Bukittinggi merupakan salah satu kota yang memiliki peranan sangat penting dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia. Kota kecil ini pernah juga menjadi pusat pemerintah darurat Republik Indonesia dan juga melahirkan banyak tokoh nasional yang salah satunya Bung Hatta sang Proklamator kemerdekaan.

Sebagai bukti sejarah, di Kota Bukittinggi juga dibangun beberapa monumen peringatan sejarah seperti Tugu Pahlawan Tak Dikenal, Tugu Bung Hatta dan monumen lainnya. Ini tentunya menjadi pengingat sejarah dan menjadi daya tarik wisata di Kota Bukittinggi.

Lomba bercerita khusus lansia ini tentunya bisa menjadi ajang membagikan pengalaman sejarah dari masing-masing peserta untuk generasi muda Bukittinggi sekarang ini. (Angah)