Bukittinggi

Rumah BUMN BRI Bukittinggi Tingkatkan Kelas UMKM Melalui Program BRIncubator

Bukittinggi – Dalam rangka memperkuat sektor Ekonomi Kerakyatan, pemerintah melalui Kementrian BUMN meluncurkan program Rumah BUMN yang bertujuan memfasilitasi umkm agar semakin berkembang dan naik kelas. Serta dapat mengikuti perkembangan teknologi sehingga mampu bersaing nasional maupun internasional, go modern, go online, go digital dan go export.

Untuk kota Bukittinggi sendiri Rumah BUMN difasilitasi oleh Bank Rakyat Indonesia (PT BRI). Secara rutin Rumah BUMN Bukittinggi mengadakan kegiatan peningkatan kemampuan para pelaku UMKM dalam bentuk pelatihan-pelatihan yang materinya disesuaikan dengan kebutuhan para peserta.

Koordinator Rumah BUMN Bukittinggi Vica Trina Syahratannisa kepada Bukittinggi dot Info menjelaskan bahwa saat ini Rumah BUMN (RB) Bukittinggi telah banyak membina para pelaku sektor umkm dalam peningkatan kemampuan untuk menaikkan kelas dan lebih berkembang lagi.

Rumah BUMN Bukittinggi

“Sebenarnya disetiap kota ada rumah BUMN, namun karena mungkin kendala masing-masing, yang ikut bergabung ke RB Bukittinggi bertambah dari kabupaten Agam, Payakumbuh dan lainnya. Mereka datang dengan keinginan sendiri untuk memajukan usahanya” jelas Vica.

“Setiap Minggunya kami selalu mengadakan berbagai pelatihan-pelatihan untuk menambah ilmu para peserta. Dengan mendatangkan para pemateri yang sudah pakar di bidangnya masing-masing. Materi yang diberikanpun tidak terpaku harus berasal dari kami sebagai koordinator di RB, namun para peserta boleh meminta materi apa yang ingin mereka kuasai dan kami carikan narasumber yang berkompeten. Serta dalam setiap acara pelatihan, semua peserta difasilitasi juga dengan snack dan makan siang” lanjutnya.

Baca Juga  Kantor Pokdar Kamtibmas Bukittinggi Siap Untuk Peresmian, Triski: Pokdar Sumbar Saja Kalah

“Setelah mengikuti pelatihan tersebut, peran RB tidak berhenti sampai disitu. Semua peserta kami fasilitasi dan bantu untuk meningkatkan usahanya. Misalnya pengurusan legalitas usaha, pengurusan sertifikasi halal dan lain sebagainya. Dan juga Bank BRI sebagai fasilitator kami setiap tahunnya mengadakan program rutin bagi pelaku usaha dan UMKM yang bernama BRIncubator dan BRIlianpreneur” lanjutnya lagi.

“Salah satu yang baru saja selesai di adakan oleh Rumah BUMN BRI Bukittingi yaitu Brincubator Local Batch 1 2023, program ini diikuti oleh umkm unggulan yang merupakan binaan rumah RB Bukttinggi. Pesertanya  berjumlah 26 orang yang terdiri dari berbagai jenis pelaku usaha seperti fashion/wastra, food and beverage, home decor and craft, accecories and beauty, helthcare and wellness” imbuhnya.

Rumah BUMN Bukittinggi

Setelah dilakukan proses pembinaan dan kurasi selama kurang lebih satu bulan dengan dihadiri oleh empat orang pemateri pada bidang ekspertnya, lalu dilakukan penilaian secara menyeluruh dan didapatkan 3 orang pemenang dari kegiatan ini,

Juara 1 : Elvi Widya Rosa : OSHA SURAKHMAN dari jenis usaha fashion and wastra

Juara 2 : Adisty Azzahra Noeye : BUMBU NOEVA dari jenis usaha food and beverage

Juara 3 : Fivy Hardiyanty : DAPUR FIE dari jenis usaha food and beverage

Dengan total hadiah sebanyak 5 juta

“Penyerahan hadiah langsung diberikan oleh Pimpinan Cabang BRI Bukittinggi bapak Reza Cahya Dwiputra dan juga dihadiri oleh AMBM Bank BRI BO Bukittinggi : Nofitriaman” lanjut Vica.

Baca Juga  Pokdar Kamtibmas Menyerahkan Struktur Hasil Revisi ke Kapolres

“Untuk pemateri yang kami hadirkan kemaren yaitu Muhammad Nazif, SE., MM, Fhajri Arye Gemilang, SE, BBA, Nico Versandier Komanyo dan, Jennisa Dwina Indriani, SE, M.Si. Alhamdulillah semua berjalan lancar” sambung Vica.

“Tidak hanya sampai disitu, UMKM binaan Rumah BUMN Bukittinggi pada tahun 2018 yaitu produk Rendang Uni Adek menjadi juara 1 tingkat nasional pada ajang BRIncubator. Ini tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami. Semoga Rumah BUMN Kota Bukittinggi kedepannya bisa tetap mempertahankan prestasi ini dan bisa menjadi jalan untuk memajukan sektor UMKM Kota Bukittinggi dan sekitarnya” tutup Vica.

Sementara itu Pimpinan cabang Bank BRI Bukittinggi menyampaikan terima kasih kepada semua peserta yang telah berpartisipasi dan bergabung dengan Rumah BUMN.

“Ini salah satu bentuk peran kita dalam rangka membantu meningkatkan umkm dilingkungan kita sendiri. Kami berharap dengan bergabung dalam Rumah BUMN, kita bisa bersama-sama meningkatkan usaha kita bersama. Kewajiban juga bagi BRI untuk meningkatkan usaha masyarakat lebih berkembang lagi. Semoga kedepannya kerjasama kita (BRI) dengan masyarakat bisa lebih berkembang lagi dan lebih banyak lagi” ucap Reza Cahya Dwiputra. (Angah)