Rayakan Idul Adha, Warga Jorong Rawang Bunian Sembelih 16 Ekor Sapi

Agam – Bukittinggi.Info, Warga Jorong Rawang Bunian Nagari Koto Tangah Tilatang Kamang Kabupaten Agam merayakan Idul Adha 1443 Hijriah pada hari Minggu 10 Juli 2022. Salah satu kegiatan ibadah rutin yang dilakukan yaitu melakukan pemotongan hewan kurban sebanyak 16 ekor sapi.

Dari pagi hari terlihat antusias warga sangat tinggi menyaksikan pemotongan hewan kurban. Terpantau warga sudah memadati Mushalla Bujariang sejak pagi hari, ada yang sekedar menyaksikan dan juga untuk membantu pengerjaan hingga pembagian daging kurban.

Wali Jorong Rawang Bunian Romi St.Mudo menyampaikan kepada Bukittinggi.Info pada tahun ini warga memotong 16 ekor sapi.

“Satu ekor sapi terpaksa kami potong di kandang tempat pengembalaan karena berapa hari menjelang pelaksanaan kurban, sapi tersebut sempat terjatuh di kandang dan tidak memungkinkan untuk dibawa ke Mushalla. Sedangkan sapi lainnya bisa dibawa ke tempat pemotongan” ungkap wali jorong.

“Peserta kurban adalah warga jorong Rawang Bunian dan sebagian dari perantau dari luar propinsi seperti Jakarta, Bogor dan Pekan Baru” sambung Romi

“Untuk pelaksanaan pemotongan disini kami selalu memberdayakan semua lapisan masyarakat mulai dari pemotongan hingga pembagian. Hal ini sekaligus menjadi ajang silaturahmi antar warga. Untuk laki-laki bekerja berhubungan dengan hewan kurban, sedangkan yang perempuan ikut membantu untuk menyiapkan konsumsi” sambung Romi.

“Untuk kendala Alhamdulillah tahun ini kami tidak mengalami kendala yang berarti” tutup Wali Jorong.

Dari pantauan Bukittinggi.Info, sejak pagi hingga selesai pembagian daging, warga tetap ramai di lokasi. Warga yang membantu pekerjaan mulai dari orang tua, remaja bahkan anak-anak bergembira melaksanakan kurban (angah)