Bukittinggi

Pokdar Kamtibmas Polresta Bukittinggi Menjadi Narasumber di Talkshow Media Lentera Rakyat Membahas Kamtibmas Kota Bukittinggi

Bukittinggi, Bukittinggi.Info – Pokdar Kamtibmas Polresta Bukittinggi diundang menjadi salah satu narasumber dalam TalkShow Obrolan Santai Terukur media Lentera Rakyat membahas kamtibmas seputar kota Bukittinggi (01/12).

Pada kesempatan ini Pokdar Kamtibmas diwakili oleh Ketua Bidang Pemecahan Masalah Yarmen Eka Putra, SH. Bersama narasumber lainnya yaitu Kapolsek Kota Bukittinggi Kompol Hj. Rita Suryati, SH, Kanit Binmas Polsek Kota Bukittinggi Iptu. Hamrizal, SH, dan ketua Pemuda Bukit Cangang Yunaldi dengan tema Kamtibmas Kota Wisata Bukittinggi.

Dalam acara yang dimulai sejak jam 20:00 wib ini, Yarmen berkesempatan mensosialiasikan dan menjelaskan apa itu Pokdar Kamtibmas bagaimana peran Pokdar Kamtibmas ditengah masyarakat. Pokdar Kamtibmas yang merupakan mitra polisi ini bekerjasama dengan kepolisian dalam menyelesaikan berbagai permasalahan ditengah masyarakat. Karena tidak seluruh permasalahan harus diselesaikan diranah hukum.

“Pokdar Kamtibmas berperan memetakan masalah-masalah yang ada ditengah masyarakat dan ikut membantu menyelesaikan permasalahan yang muncul ditengah masyarakat bekerjasama dengan pihak kepolisian seperti Babhinkamtibmas terutama masalah restorative justice” ucap Yarmen yang juga seorang pengacara di kota Bukittinggi.

“Pokdar Kamtibmas bersentuhan langsung dengan masyarakat. Namun saat ini Pokdar Kamtibmas masih kurang dikenal ditengah masyarakat. Sehingga jika terjadi masalah ditengah masyarakat, ketika kami datang justru sebagian masyarakat bertanya “kamu siapa” hingga sulit bagi kami untuk masuk jika tidak ada Babhinkamtibmas” ucap Yarmen.

Baca Juga  Dapat Dukungan 3 DPAC, Ramlan Nurmatias Siap Maju Untuk Ketua Demokrat Bukittinggi

“Kami berkeinginan sosialiasi tentang pokdar kamtibmas melalui kepolisian juga digencarkan melalui babhinkamtibmas. Supaya masyarakat semakin mengenal pokdar kamtibmas” harap Yarmen.

Dalam talkshow ini para narasumber juga menyoroti kecepatan pemberitaan media online yang ada saat ini. Semua narasumber berharap media sosial dan media online jangan menjadi alat provokasi. Jadikanlah media sosial dan media online menjadi alat pemersatu terutama untuk menciptakan kamtibmas Kota Bukittinggi.

“Bijaklah bermedia sosial karena ada payung hukumnya. Dan juga kepada masyarakat, jangan langsung ditelan segala informasi yang beredar, tetapi cerna dan analisalah sebelum diiyakan” ucap Yarmen.

“Harapan kami kepada pihak kepolisian sinergikan kami dengan Babhinkamtibmas supaya kami bisa bekerja dan membantu pihak kepolisian memetakan masalah dan bisa mencari penyelesaian masalah ditengah masyarakat” harap Yarmen di sesi penutup talkshow ini. (Angah)