Bukittinggi

Masa Tumpah Ruah Mengikuti Do’a Bersama Untuk Palestina di Bukittinggi

Bukittinggi, BDI – Aksi gelar do’a bersama diadakan di taman Jam Gadang Kota Bukittinggi pada Rabu (1/11/2023). Do’a bersama untuk warga Palestina ini juga dihadiri langsung oleh Anies Rasyid Baswedan.

Masa yang sangat ramai ini telah berkumpul sejak sore ini memenuhi Taman Jam Gadang berasal dari berbagai daerah di Sumatera Barat. Bahkan dari pantauan tim kami di lapangan, terdapat juga beberapa orang yang berasal dari luar provinsi Sumatera Barat seperti Jambi dan Riau.

Acara ini turut dihadiri oleh Gubernur Sumatera Barat, Wali Kota Padang Panjang, Wakil Wali Kota Bukittinggi, Niniak Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai, Parik Paga Nagari Kurai dan masyarakat dari berbagai kalangan.

Wakil Wali Kota Bukittinggi Marfendi Dt. Basa Balimo dalam sambutannya menyampaikan bahwa apa yang terjadi di Palestina saat ini adalah bentuk penjajahan yang tidak bisa ditolerir. Seperti yang terdapat dalam Pembukaan Undang-undang dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 “bahwa penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan Prikemanusiaan dan Prikeadilan”.

do'a bersama palestina

“Dahulunya, waktu Indonesia menyatakan kemerdekaan Negara, petinggi-petinggi Negara kita mencari dukungan dunia Internasional. Dan Negara Palestina lah yang pertama kali mengakui kemerdekaan Indonesia tahun 1945, dimana waktu itu belum ada yang namanya Israel” jelas Marfendi.

“Israel itu baru ada sejak tahun 1948 yang awalnya datang dengan menghiba-hiba ke Negara Palestina, namun setelah diselamatkan oleh Palestina, mereka melakukan penjajahan dengan mencaplok banyak tanah Palestina bahkan membunuh warga Palestina” lanjut Marfendi.

Baca Juga  Ranah Minang Entertainment Mengadakan Aksi Solidaritas Palestina

“Hari ini ada suatu berita gembira yang sampai kepada kita. Bahwa Israel telah menurunkan pasukan cadangannya. Ini artinya pasukan elit israel sudah kalah makanya dia menurunkan pasukan cadangannya” tambah Marfendi.

“Namun ada yang perlu diingatkan kepada semuanya, bahwa dalam sebuah hadits diterangkan Tidak akan terjadi kiamat sebelum umat Muslim berperang mengalahkan semua orang Yahudi. Maka dari itu, mari sama-sama berdo’a supaya dari rahim perempuan-perempuan kita lahir anak-anak yang akan jadi pejuang dan memerdekakan umat Muslim” harapnya.

“Jangan lupa nanti ajarkan dan kenalkan kepada anak-anak kita tentang siapa itu Palestina” tutup Marfendi.

do'a bersama palestina

Sementara itu Anies Rasyid Baswedan yang juga merupakan calon Presiden RI pada pemilu 2024 mendatang dalam sambutannya menyampaikan walaupun kita di Bukittinggi, tapi hati, pikiran dan perasaan kita bersama dengan saudara-saudara kita di Palestina.

“Kita kirimkan do’a ke mereka disana agara Ibu-ibu disana diberikan kekuatan. Agar keluarga-keluarga disana diberikan ketabahan dalam melewati masa ujian yang luar biasa besar” ucap Anies Baswedan.

“Indonesia memiliki komitmen tanpa sarat bahwa Palestina harus menjadi sebuah negara merdeka” ucap Anies disambut takbir dari masa yang hadir.

“Tanah Palestina harus menjadi tanah yang dikuasai bangsa Palestina. Dan kita melihat, dan dunia melihat betapa kejahatan yang dilakukan oleh zionis Israel tidak bisa lagi ditutup-tutupi. Tidak bisa lagi merekayasa lewat media-media” sambung Anies.

Baca Juga  Turut Berduka Dengan Tragedi Kanjuruhan, Polres Bukittinggi Adakan Do'a Bersama

do'a bersama palestina

“Hari ini semua terbuka, semua menyaksikan, dunia terbelalak menyaksikan kejahatan tanpa batas yang terjadi disana. Insya Allah kemenangan akan segera diantarkan kepada rakyat Palestina” lanjut Anies.

“Saya menyerukan kepada seluruh Khatib shalat Jum’at seluruh Indonesia, didalam khutbahnya besok kirimkan do’a khusus untuk Palestina” harap Anies.

“Kita di Indonesia pernah merasakan betapa tidak sederhananya mengikhtiarkan kemerdekaan. Bukittinggi menjadi saksi lahirnya pejuang-pejuang kemerdekaan di Republik ini. Berderet nama pahlawan yang muncul dari tanah ini. Insya Allah akan muncul di Palestina orang-orang serupa sebagaimana yang muncul di tempat ini” sambung Anies disambut takbir dari masyarakat.

“Sampaikan kepada anak cucu kita, bahwa disaat kita memperjuangkan Palestina, kita tidak menonton dirumah tetapi turun langsung ke lapangan untuk menyampaikan pesan solidaritas untuk saudara-saudara kita di Palestina. Semoga kota-kota lain diseluruh Indonesia mengikuti apa yang dikerjakan di Bukittinggi ini” tutup Anies.

Sebelum menutup acara, Anies mengajak semua masyarakat yang hadir untuk berdo’a bersama untuk kemerdekaan Palestina dan ditutup dengan Shalawat yang dipimpin langsung oleh Anies Baswedan. (Angah)