Bukittinggi

Ismunandi Sofyan Gelar Sosialisasi Perda Pajak Daerah di Bukittinggi

Bukittinggi – Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Ismunandi Sofyan, SE dari Komisi III melakukan kegiatan sosialisasi Perda tentang Pajak Daerah pada hari Selasa (18/04/2023) yang bertempat di Hotel Grand Malindo Kota Bukittinggi.

Dalam acara yang berlangsung sejak sore hari ini dihadiri oleh berbagai lapisan masyarakat dari Bukittinggi dan Kabupaten Agam yang jumlahnya hampir 400 orang yang memadati ruangan pertemuan hingga ke teras ruangan.

Acara Sosialisasi Perda ini diadakan dalam rangka sosialisasi Perda nomor 4 tahun 2018 dan perubahan ketiga atas Peraturan Daerah nomor 4 tahun 2011 tentang pajak Daerah. Acara juga dihadiri oleh Kepala UPTD Samsat Bukittinggi Zawil Muzaki, SE dan Kepala Bagian Pemasaran Bank Nagari Cabang Bukittinggi Yustinar.

Sosialisasi Perda Pajak

Dalam sambutannya Ismunandi menyampaikan bagaimana pentingnya pajak dalam pembangunan daerah di Sumatera Barat. Seperti pajak kendaraan, bea balik nama dan pajak lainnya.

“Semua pajak yang dibayarkan, nantinya akan dibagikan lagi kepada tiap-tiap daerah yang nantinya digunakan untuk pembangunan daerah masing-masing” jelas Ismunandi.

“Saya juga menyarankan bagaimana kedepannya setiap Samsat minimal disediakan air mineral berlabel Bank Nagari untuk masyarakat yang akan membayar pajak. Karena masyarakat datang untuk memenuhi kewajibannya dan menyerahkan sejumlah uang. Sementara selama ini masyarakat sudah antri lama dan kehausan tetapi tidak mendapatkan apa-apa” sambungnya.

“Tidak hanya itu, Komisi III DPRD Provinsi Sumatera Barat juga telah melakukan berbagai langkah dan inovasi agar masyarakat taat bayar pajak. Seperti program 5 Untung untuk pembayaran pajak kendaraan yang beberapa waktu lalu diberlakukan. Itu murni dari gagasan komisi III DPRD Provinsi Sumatera Barat” sambungnya lagi.

Baca Juga  Kantor Pokdar Kamtibmas Bukittinggi Siap Untuk Peresmian, Triski: Pokdar Sumbar Saja Kalah

“Kita berharap kegiatan sosialisasi ini bisa menjadi motivasi memberi pemahaman kepada semua masyarakat bagaimana pentingnya pajak untuk kemajuan dan pembangunan daerah” tutup Ismunandi.

Sosialisasi Perda Pajak

Sementara Kepala UPTD Samsat Bukittinggi Zawil Muzaki, SE menjelaskan bahwa saat ini dirinya baru menjabat di Bukittinggi.

“Masih butuh waktu bagi saya untuk memperbaiki hal-hal yang mungkin tidak pada tempatnya. Termasuk untuk kantor pelayanan Samsat sendiri, jika dilihat dari sertifikasi, luas kantor yang ada sekarang ini masih dibawah standar. Seharusnya luas kantor layanan kita ini minimal 5.000 meter, namun sekarang kantor kita hanya memiliki luas sekitar 3.000 meter” jelas Zawil.

“Untuk itu kami butuh bantuan bapak Ismunandi agar menjembatani kami supaya bisa memiliki kantor yang sesuai standar. Agar bisa memberikan pelayanan yang lebih maksimal lagi” sambungnya.

Setelah para narasumber memberikan penjelasan-penjelasan, peserta diberikan kesempatan untuk tanya jawab seputar pajak dengan narasumber. Acara sosialisasi perda ini berakhir pada jam Buka Puasa. (Angah)

Video Selengkapnya di Channel Youtube kami