Sumbar

Ismunandi Sofyan Adakan Sosialisasi Perda Pajak Daerah di Dua Tempat

Agam, BDIIsmunandi Sofyan, SE anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat mengadakan sosialisasi Perda nomor 4 tahun 2018 dan perubahan ketiga atas Peraturan Daerah nomor 4 tahun 2011 tentang pajak Daerah di dua tempat di Kabupaten Agam pada 18 Juli 2023.

Kegiatan ini difokuskan di daerah Kamang Mudiak pada pagi harinya dan siang hari di Daerah Sariak Sungai Pua Kabupaten Agam. Peserta yang menghadiri kegiatan ini berjumlah 150 orang untuk masing-masing lokasi.

Di Kamang Mudiak kegiatan dihadiri oleh Walinagari Kamang mudiak, Wali Jorong Pauah beserta staf dan juga Niniak Mamak beserta masyarakat. Sementara itu selain dihadiri langsung oleh Ismunandi, turut hadir Kepala Samsat Bukittinggi beserta staf.

sosialisasi perda pajak

Sedangkan untuk kegiatan di Sariak Sungai Pua acara sosialisasi Perda ini dihadiri oleh Camat Sungai Pua, Wali Nagari Sariak, Wali Jorong, Niniak Mamak dan juga masyarakat dan juga dihadiri oleh perwakilan Dispenda Sumbar.

Dalam kegiatan ini Ismunandi Sofyan menjelaskan pentingnya kesadaran masyarakat untuk membayar pajak. Pajak yang dibayarkan semuanya akan disalurkan kembali untuk kepentingan masyarakat banyak.

sosialisasi perda pajak

“Di dewan Provinsi saya berada di Komisi 3 yang membidangi keuangan daerah. Jadi tugas kami adalah untuk mencari pemasukan untuk daerah dan disalurkan kembali untuk kepentingan masyarakat melalui komisi-komisi lainnya di DPRD. Salah satu pemasukan itu bersumber dari pajak yang dibayarkan oleh semua masyarakat” jelas Ismunandi.

Baca Juga  Pakan Salasa Nagari Kamang Hilia Juara 1 Lomba Pasar Rakyat

“Pajak yang dibayarkan itu bisa berupa pajak kendaraan ataupun pajak Bumi dan Bangunan (PBB), dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, kami juga mengeluarkan banyak kebijakan yang bisa memudahkan masyarakat. Seperti keringanan pembayaran pajak untuk kendaraan yang menunggak pajak beberapa tahun. Pemutihan denda keterlambatan dan lain sebagainya” lanjut Ismunandi.

sosialisasi perda pajak

“Setelah pajak masuk ke kas daerah, nantinya akan dibagikan lagi ke daerah-daerah. Dana tersebutlah yang digunakan oleh masing-masing daerah untuk pembangunan, bantuan dan segala macamnya. Jadi penting kesadaran semua agar taat membayar pajak supaya kesejahteraan dan pembangunan bisa terus berlanjut” tambahnya.

“Kita berharap dengan kegiatan sosialisasi Perda Pajak Daerah ini dapat membangkitkan kesadaran kita semua untuk membayar pajak. Semoga dengan taat pajak, kesejahteraan masyarakat Sumatera Barat bisa semakin terangkat” tutup Ismunandi Sofyan. (Angah)