Bukittinggi

Dirjen Pelayanan Kesehatan Sambangi RSOMH Bukittinggi

Bukittinggi, BDI – Direktur Jenderal (Dirjen) Pelayanan Kesehatan dr. Azhar Jaya, SKM, MARS menyambangi Rumah Sakit Otak Muhammad Hatta (RSOMH) Bukittinggi dalam rangka penanda tanganan MoU RSOMH dengan 5 dokter Mitra Kerjasama RSOMH Jum’at 22/09/2023.

Dokter yang menjadi tambahan personil di RSOMH ini adalah:

  • Anbiar Manjas, Dokter Spesialis Bedah, Konsultan Bedah Digestif
  • Delsi Hidayat, dokter spesialis Bedah Orthopedi
  • Yusirwan, dokter konsultan bedah anak, sub spesialis Digestif Anak
  • Ismeldi Syarief, dokter spesialis Bedah Konsultan Onkologi
  • Sufriadi, dokter spesialis Bedah Konsultan Urologi

dirjen pelayanan kesehatan

Kepada media Dokter Azhar menjelaskan dengan adanya MoU ini diharapkan aset yang dimiliki bisa lebih diberdayakan untuk melayani masyarakat khususnya di Bukittinggi. Jadi tidak ada lagi aset negara yang boleh nganggur.

“Dengan adanya undang-undang kesehatan yang baru nomor 17 tahun 2023. Maka rujukan ini berbasis kompetensi dimana rumah sakit ini pasien dirujuk bukan berdasarkan tempat tidur, tapi berdasarkan dokter dan SDM nya. Kalau sudah ada dokter dan SDMnya maka pasien harus dirawat sampai seoptimal mungkin. Jadi nanti tidak ada lagi setelah pasien dirujuk ke rumah sakit tipe B lalu dirujuk lagi ke rumah sakit tipe A” jelas Dokter Azhar.

“Bisa saja disuatu rumah sakit mungkin pelayanan Neuronya tipe A tapi obgin nya bisa C. Nanti rujukan BPJS juga berubah sesuai kebutuhan kompetensinya. Pak Menteri saat ini sedang menyelesaikan semua peraturan sebelum Desember 2023” tambahnya.

Baca Juga  Grand Launching Hoki Store Cabang Tangah Jua Bukittinggi

dirjen pelayanan kesehatan

Selanjutnya Plt Direktur Utama Dr, dr, Yusirwan, Sp.B.,Sp.BA (K)., M.A.R.S menambahkan RSOMH berharap dengan adanya MoU ini bisa meningkatkan kemampuan layanan kepada masyarakat.

“Yang tadi jumlahnya sepuluh sekarang bisa menjadi 40. Kita punya tempat, tapi disini kosong, jadi dimanfaatkan agar semua pasien terlayani dan nantinya berdampak kepada pendapatan sehingga alat-alat bisa lebih canggih lagi dari tahun ke tahun” jelas Yusirwan.

“Kita punya semua fasilitas dasar untuk semua itu. Maka kita tawarkan kepada dokter-dokter yang ditempat lain dia nunggu antrian. Kita tawarkan kepada mereka supaya semua pasien bisa terlayani” tutup Yusirwan.

Acara ini dihadiri oleh Plt Dirut RSOMH, para dokter, perwakilan BPJS dan staf RSOMH. Kegiatan yang berlangsung sejak siang hari ini berakhir pada sore harinya. (Angah)