Iptek

Amankan Android Anda Dengan 8 Langkah Sederhana Ini

Zaman sekarang, telepon pintar berbasis Android sudah menjadi barang yang lumrah dan dimiliki siapa saja. Meski berlabel “pintar”, keamanan pada perangkat Android sering kali menjadi masalah ketika ponsel tersebut berpindah tangan dan digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Kita juga kerap abai terhadap keamanan perangkat Android sehingga banyak kejahatan yang bisa dilakukan oleh hacker (peretas). Berikut 8 langkah yang bisa kita lakukan untuk mengamankan perangkat Android.

1. Kunci perangkat

Langkah pertama dalam pengamanan suatu perangkat adalah dengan menguncinya menggunakan pola, PIN atau kata sandi. Jika perangkat sudah memiliki fitur Face Unlock atau Fingerprint, itu lebih baik.

2. Menonaktifkan pengunduhan aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya

Cara termudah untuk menginfeksi perangkat Android dengan malware adalah melalui instalasi aplikasi yang berasal dari luar Google Play Store. Resiko mengunduh aplikasi dari sumber yang tak terpercaya memiliki risiko untuk terkena virus yang mengancam keamanan Android yang kita gunakan. Para hacker pun kerap memanfaatkan celah ini

3. Hindari Wi-Fi publik

Menurut sebuah laporan yang dirilis oleh Kaspersky Security Network, sekitar 25 persen Wi-Fi publik tidak memiliki enkripsi apapun. Artinya, Wi-Fi publik memiliki probabilitas yang cukup besar untuk dimanfaatkan oleh para hacker.

Ancaman terbesar terhadap keamanan Wi-Fi publik adalah kemampuan peretas untuk menempatkan diri di antara Anda dan titik koneksi. Jadi, alih-alih terhubung langsung dengan hotspot/Wi-Fi, kita justru malah mengirimkan informasi kepada si peretas, yang kemudian meneruskannya.

Baca Juga  Cara Kalibrasi Baterai HP Xiaomi, Jadikan Lebih Jreng dan Tahan Lama

4. Gunakan autentikasi dua faktor

Autentikasi dua faktor atau yang biasa kita kenal dengan Two-Factor Authentication adalah metode autentikasi dimana pengguna baru bisa mendapatkan akses ke suatu situs web atau aplikasi jika sudah memberikan dua atau lebih bukti valid terhadap mekanisme autentikasi.

Tak kalah penting juga, Autentikasi Dua Faktor pada perangkat Android pun sangat dibutuhkan untuk menjaga keamanan para pengguna dari ancaman oknum yang tidak bertanggung jawab yang mencoba mengakses data-data pribadi kita.

5. Atur izin dari setiap aplikasi

Selalu perhatikan apakah aplikasi yang telah terinstal meminta izin sesuai dengan fungsinya. Contohnya, apabila aplikasi kalender meminta akses ke kamera atau mikrofon, maka kita patut curiga karena pada dasarnya aplikasi kalender tidak membutuhkan akses kamera dan mikrofon.

6. Perbarui aplikasi dan sistem secara berkala

Semakin baru suatu sistem, tentu saja keamanan di dalamnya akan ikut diperbaharui, sehingga kinerjanya semakin meningkat. Sedangkan pembaharuan pada aplikasi berguna untuk menambal suatu kerentanan yang mungkin ada di versi aplikasi sebelumnya. Jangan lupa untuk selalu memastikan sumber pengunduhan hanya dari Play Store.

7. Gunakan VPN

VPN bekerja dengan cara menyamarkan alamat IP kita dengan melakukan tunneling melalui server ke IP lain yang ada di seluruh dunia. Itu artinya, dengan menggunakan VPN kita dapat mengakses dan melihat konten yang mungkin diblokir di negara kita.

Baca Juga  Tak Hanya Kewajiban, Ini Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Kegunaan lain VPN untuk keamanan Android adalah untuk menjadi tambahan enkripsi di data yang dikirim dan diterima untuk mencegah serangan Man-in-the-Middle (MitM). Dengan cara ini, perangkat Android juga menjadi sulit diserang karena informasi sensitif seperti data lokasi yang ditampilkan bukanlah data lokasi asli.

8. Aktifkan ‘Find My Device

Fitur satu ini merupakan aplikasi fantastis yang Google ciptakan untuk menemukan lokasi pasti dari sebuah perangkat. Aplikasi ini bisa menemukan perangkat yang hilang dan bahkan menghapus data dari perangkat yang hilang tersebut agar tidak disalahgunakan oleh pihak yang menemukannya.

Find My Device bisa ditemukan di Google Play Store dan bisa diunduh secara gratis untuk pengguna Android. Ini menjadi langkah akhir untuk mempersiapkan skenario terburuk saat perangkat Android kita hilang atau dicuri.

Kesimpulan

Ternyata cara untuk melindungi keamanan perangkat Android bukan hal sulit. Kita tidak perlu khawatir kalau data-data pribadi di Android kita bocor atau disalahgunakan para hacker asalkan kita tahu cara mengantisipasinya sebelum hal yang tidak kita inginkan terjadi. Jadi, kita jangan hanya tertarik dengan seberapa keren dan canggihnya perangkat Android yang kita miliki. Kita juga harus lebih memperhatikan keamanan dan privasi data pribadi kita.

Sumber: Horangi