Akbp. Wahyuni Sri Lestari,SIK Polwan Pertama Menjadi Kapolres di Kota Kelahiran Polwan

Bukittinggi, Bukittinggi.Info – Kepala Kepolisian Resor Bukittinggi resmi diserahterimakan dari AKBP. Dody Prawiranegara,SH,SIK.MH kepada AKBP. Wahyuni Sri Lestari,SIK dalam Sertijab yang dilakukan di Mapolda Sumatera Barat yang dipimpin langsung oleh Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa P, S.H., S.I.K.,M.H (19/07/2022).

Sertijab tersebut berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/1214/VI/KEP./2022 tanggal 20 Juni 2022 dan Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/1215/VI/KEP./2022 tanggal 20 Juni 2022 yang ditandatangani oleh AS SDM Kapolri.

Kegiatan ini diawali dengan pembacaan sumpah jabatan oleh Kapolda Sumbar yang diikuti oleh pejabat baru, dan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara serah terima jabatan. Dalam acara yang sama, Kapolda sekaligus memimpin Sertijab Kabid Humas dan enam Kapolres lainnya.

Akbp. Wahyuni Sri Lestari

Akbp. Wahyuni Sri Lestari,SIK adalah Kapolres ke 31 yang menjabat di Polres Bukittinggi dan sekaligus menjadi Polwan (polisi wanita) pertama yang menjabat sebagai kapolres sejak 1971 yang dijabat pertama kali oleh Letkol. Pol. MY. Pinem.

Sebagaimana kita ketahui bersama, Kota Bukittinggi merupakan kota kelahiran polisi wanita Indonesia. Yang mana pertama kali pada 1 September 1948 secara resmi disertakan 6 (enam) siswa wanita untuk mengikuti pendidikan di SPN Bukittinggi. Sejak saat itu tanggal 1 September 1948 diperingati menjadi hari Polisi Wanita Indonesia.

Di Kota Bukittinggi pun dibangun monumen polwan yang berdiri megah di simpang Stasiun (depan kantor pos) sebagai pengingat bahwa polwan lahir di Bukittinggi. Monumen ini sekaligus menjadi daya tarik tersendiri bagi kota wisata (Angah)