Sumbar

Adakan Pelatihan Guru TPQ/MDA Bukittinggi Agam, Ismunandi Sofyan Malah Dido’akan Jadi Bupati

Lubuk Basung – Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Ismunandi Sofyan, SE kembali mengadakan Pelatihan untuk Guru TPQ/MDA kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam di Lubuk Basung pada 16 – 18 Juni 2023.

Pelatihan ini berlangsung dengan menggunakan dana pokok pikiran (Pokir) dari Ismunandi Sofyan bekerjasama dengan Biro Kesra Provinsi Sumatera Barat. Peserta berasal dari guru-guru TPQ dan MDA yang berjumlah 100 orang.

Acara dibuka oleh Gubernur Sumatera Barat yang diwakili oleh Kepala Bagian Bina Mental Biro Kesra Hendri Hasbullah, S.Pd, MM dan menghadirkan para narasumber yang berkompeten dibidangnya.

pelatihan guru tpq mda

Narasumber yang mengisi acara ini yaitu Rio Handoko, S.Pd yang memberikan paparan mengenai Psikologi Pendidikan pada TPQ/MDTA yang berlangsung pada hari pertama.

pelatihan guru tpq mda

Selanjutnya pemaparan oleh Biro Kesra Sumbar tentang Kebijakan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dalam Pembinaan Mesjid yang disampaikan oleh Indah Sri Wahyuni, SE, MM.

pelatihan guru tpq mda

Pada hari kedua materi diisi oleh narasumber Mediya Eka Putra, S. Ag, MA yang memaparkan mengenai Peran Kanwil Kementrian Agama dalam Meningkatkan Pembinaan Pendidikan Keagamaan (TPQ/MDTA).

pelatihan guru tpq mda

Selanjutnya materi dilanjutkan dengan pemaparan oleh Engkizar, S.IQ, S.Pd.I tentang Peningkatan Kompetensi Guru dan Model Metode Pembelajaran Al-Qur’an.

pelatihan guru tpq mda

Sementara Ismunandi Sofyan sendiri ikut memberikan paparan tentang Dukungan DPRD Provinsi Sumatera Barat Terhadap Kegiatan Keagamaan.

pelatihan guru tpq mda

Pada hari terakhir materi diberikan oleh Irsad, S.IQ yang memberikan paparan mengenai Metode Tahfidz Qur’an.

Baca Juga  29 Tahun Lubuk Basung Jadi Ibu Kota Agam, Bupati : Tingkatkan Persatuan Kesatuan Bangun Daerah

Sejak hari pertama kegiatan ini berlangsung, semua peserta terlihat sangat antusias sekali dan bersemangat mengikuti semua paparan yang diberikan narasumber. Bahkan menurut pengamatan langsung oleh Bukittinggi dot Info, semua peserta tidak beranjak dari posisinya ketika setiap narasumber memberikan paparannya.

Terlihat dari totalitas para narasumber dalam berbicara yang membuat peserta tidak bosan dan diselingi dengan canda tawa hingga acara berlangsung meriah. Namun ilmu yang diberikan tetap sampai kepada semua peserta.

Ismunandi Sofyan menyampaikan bahwa kegiatan untuk meningkatkan kapasitas para guru-guru TPQ/MDTA ini perlu diadakan secara berkala.

“Untuk saat ini merupakan angkatan pertama dan beberapa hari lagi akan ada kegiatan yang sama untuk peserta yang berbeda. Nantinya dari dua angkatan Pelatihan Guru TPQ/MDA akan diseleksi oleh panitia, peserta-peserta terbaik yang akan diikutkan studi tiru ke Jogjakarta. Disana semua peserta akan dibawa untuk belajar di berbagai pesantren agar ilmunya kembali bertambah dan bisa ditularkan kepada semua guru-guru yang ada terutama di Bukittinggi dan Agam” ucap Ismunandi.

“Saya sangat terharu dan berterima kasih sekali kepada Biro Kesra Provinsi Sumatera Barat yang telah berhasil membuat acara ini. Dari awal acaranya berlangsung meriah dan bahkan terlihat semua peserta enggan acara ini ditutup. Canda tawa dan kegembiraan berhasil diberikan untuk para pejuang-pejuang agama ini” sambungnya.

“Kita tahu tingkat kesejahteraan para guru-guru TPQ/MDA berbeda dengan guru umum. Namun karena kewenangan itu berada di tingkat kota dan kabupaten, mudah-mudahan pemerintah daerah bisa memberikan kesejahteraan dan perhatian yang lebih kepada para guru-guru kita ini. Semoga acara ini memberikan manfaat kepada semua peserta. Dan mohon juga ditularkan kepada guru-guru lain yang tidak mendapat kesempatan mengikuti acara ini” tutup Ismunandi Sofyan.

Baca Juga  Pelatihan Peningkatan Manajemen Keuangan Bagi Pengurus Koperasi Angkatan 1

Semua Peserta Mendo’akan Ismunandi Sofyan Jadi Bupati Agam

Disela-sela berlangsungnya acara, beberapa peserta yang diberikan kesempatan berbicara terutama di sesi Ismunandi Sofyan berbicara, peserta menyatakan sangat berterima kasih sekali kepada Ismunandi Sofyan. Menurut peserta sangat jarang sekali anggota DPRD yang mau mengadakan acara seperti ini terutama untum guru TPQ/MDA.

Bahkan salah satu peserta yang berasal dari kabupaten Agam dengan lantang mendo’akan semoga Ismunandi Sofyan menjadi Bupati Agam pada periode berikutnya. Do’a ini diaminkan oleh semua peserta yang hadir dan diikuti oleh tepuk tangan semua peserta. (Angah)